Bermetodekan Mengamati, Mendokumentasi, Memetakan, dan Menarasikan
Tuesday, September 9, 2014
#18 Dari Fashion Blogger ke Desainer Entrepeneur
Sumber : Intisari April 2011
Pemuda yang mencoba peruntungan sudah mulai banyak. Salah satunya adalah, peruntungan dibidang fashion. Terutama dari kalangan anak muda. Dunia entrepreneur mulai saat ini banyak peminatnya. Tidak sedikit juga yang bias mendapat banyak rupiah dari dunia bisnis ini.
Adalah Diana Rikasari, blogger yang satu ini mencintai dunia Fashion. Awalnya dia hanyalah seorang blogger. Namun, seiring berjalannya waktu dia jatuh cinta dengan bisnis fashion. Sebenarnya orang Indonesia yang menulis fashion di blog sangat banyak. Tapi sedikit yang konsisten.
Proses wawancara dengan dia dilaksanakan di FX Plaza Indonesia. Saat itu siang hari di sebuah Kedai Kopi. Diana tampil begitu fresh. Dia menggenakan kaos lengan panjang bermotif bunga. Sesuatu yang membuat penampilannya tetap tampak fresh.
Kegemarannya di dunia menulis dimulai saat di S2 di Inggris. Pada saat itu sekitar tahun 2007. Kalai itu dia kepincut blog setelah diperkenalkan oleh teman sekampusnya. Kebiasaan menulis buku hatian dipindah ke blogging. Dia blogging tentang dunia fashion, hingga beralih menjadi entrepreneur.
Suatu hari dia sadar pembaca menyukai pakaian yang dikenakannya. Pasalnya, setiap dia menulis pembacanya selalu bertambah. Diana mendapat ide tulisan secara acak. Apa yang terpikir say itu langsung ditulis. Tidak ada pola atau ide yang dipersiapkan.
Semula Diana menyiapan diri sebagai pekerja kantoran. Namun jiwa entreoreneurshipnya muncul pada tahun 2010 dan berani mengembangkan brandnya sendiri. “Up” adalah brand yang dirintisnya sendiri. Untuk promosi cukup menggunakan media social. Selain pembeli dalam negeri ada juga yang diluar negeri. Harga brandnya berkisar Rp 180.000 – Rp 300.000 an.
Perubahan dari dunia blogging ke bisnis terjadi sangatlah lama. Dan perubahan yang terjadi secara tiba – tiba. Berbisnis setelah mendapat pengaruh dari jumlah pengunjung yang membaca blognya selalu bertambah. Dan brandnya mulai menyebar ke penjuru dunia. Dampak yang ditampilkan sangatlah menglobal ditunjukkan dari brandnya bisa menembus pasar eropa.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment