Nama : ANTONIA JELITA
Npm :170402080014
Universitas Kanjuruan Malang
PERAN GURU DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Guru memiliki peran penting dalam mutu pendidikan. Pasal satu ayat (1) undang undang no 14 tahun 2005 tentang guru yang menyebut bahwa “ GURU” adalah pendidikan profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar , membimbing, mengarahkan , melatih, menilai, mengevaluasi perserta didik pada pendidik anak usia dini jalur pendidikan formal dan pendidikan menengah.
Peran organisasi profesi guru perlu lebih ditingkatkan karena saat ini tantangan yang dihadapi guru dalam melaksanakan tugasnya semakin sulit dan semakin banyak. Selain meningkatkan profesionalismenya, guru dihadapkan pada semakin dinamisnya situasi dan kondidsi baik dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan keluargan, lingkungan masyarakat, dan dampak media masa terhadap perkembangan karakter perserta didik yang cendrung semakin agresif. Bahkan guru selalu dihadapi masalah karena ulah siswanya sendiri.
Visi dan misi jika saya menjadi seorang guru bahasa dan sastra indonesia saya harus mampu melaksanakan tugas secara prefesional seperti layaknya seorang guru yang tidak hanya memiliki kemampuan teknis edukatif, tetapi juga harus memilki keperibadian yang dapat diandalkan sehingga menjadi sosok panutan bagi siswa, keluarga , dan masyarakat. Dan mamapu mengendali era globalisasi yang semakin merajalela dan saya ingin menunjukan bahwa guru sebagai profesi terhormat, mulia, bermartabat, serta terlindungi.
Visi dan misi hidup dan kehidupan sya jika menjadi seorang guru dan saya mengabdi disalah satu sekolah menengah atas adalah :
Visi
Saya ingin menjadi guru yang paling banyak bermanfaat bagi orang lain sebagaimna yg telah saya dapat dari pengetahuan saya selama ini dan saya akan menyalurkan pengetahuan itu kepada murid sya nanti
Misi
Untuk mewujudkan visi itu tentu harus ada upaya, dan langkah langkah yang nyata yang harus saya lakukan antara lain :
Saya harus menjadi guru yang menyenangkan bagi lingkungan sekitar saya ,tak terkecuali menyenangkan murid saya.
Saya harus mencontohkan sikap yang baik bagi murid saya.
saya harus menciptakan kenyamanan yang banyak disenangi oleh siswa saya.
Saya harus mampu berintraksi dan berkomunikasi dgn siswa dalam menyelesaikan permasalhan yg terjadi pada siswa
sebagai calon guru bahasa dan sastra saya harus mampu memperdayakan bahasa, sastra indonesia dan daerah sesuai dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, pengetahuan dan seni.
Saya harus mampu berwirausaha didaerah yang akan saya tempati.
Demikian visi dan misi yang saya dapat tuangkan keepada kita semua kurang lebih saya mohon maaf.
Dengan topik “ Guru sering bolos disaat KBM berlangsung dan tidak memberitahui siswa”Tantangan Ini Penyebab Guru Bolos Mengajar.
Apa saja yang memengaruhi tingkat kehadiran guru di sekolah? Program Kemitraan untuk Pengembangan Kapasitas dan Analisis Pendidikan (ACDP) punya jawabannya. Itu adalah sinyal telepon selular.
Apakah cuma itu? "Guru-guru banyak yang malas bolos, jika di sekolah iu ada sinyal ponsel, memiliki kamar kecil dan listrik," ujar konsultan ACDP yang juga peneliti Pusat Penelitian Kebijakan Paramadina Public Policy Institute, Totok A Soefijanto, dalam acara diskusi Manajemen Guru di Jakarta, Rabu (13/5/2015).
Aspek lain yang berpengaruh pada kehadiran guru, adalah kehadiran kepala sekolah. ACDP berpendapat sekolah yang tidak memiliki kepala sekolah memiliki ketidakhadiran guru yang sangat tinggi. "Kehadiran kepala sekolah sangat penting terutama di sekolah terpencil."
Penyumbang lain, sekolah yang melibatkan komite sekolah dalam memantau anggaran sekolah dan dalam menghubungkan orangtua siswa dan sekolah, memiliki tingkat kehadiran guru yang tinggi. Sedangkan, keterlibatan komite sekolah dalam memantau prestasi murid justru kehadiran guru sangat rendah atau tingkat ketidakhadiran guru tinggi.
"Sekolah yang memiliki fasilitas banyak dan lebih baik memiliki tingkat ketidakhadiran guru yang lebih rendah," tambah dia. Tingkat ketidakhadiran guru yang tertinggi terdapat di Kalimantan dengan persentase 14,1 persen, disusul Bali dan Nusa Tenggara dengan persentase 14 persen, serta Papua dan Maluku 11,6 persen.
3 Kriteria
Ketidakhadiran guru di kelas yang paling tingg terdapat di Sumatera yakni 17,4 persen kemudian Jawa 13,4 persen, Bali, dan Nusa Tenggara 12,5 persen. Studi ketidakhadiran guru di Indonesia tersebut tercantum dalam laporan ACDP pada 2014. Kasubdit Pendidikan Tinggi Bappenas, Amich Alhumami, mengatakan terdapat tiga kriteria kehadiran guru yakni guru yang datang dan mengajar di kelas, kemudian guru yang hadir tapi tak mengajar di kelas, dan guru yang hadir tapi tidak masuk kelas. Menurut Alhumami, untuk meningkatkan kualitas guru harus dimulai dari seleksi awal yakni Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK).
"Tapi sayangnya, sampai saat ini masih sangat sedikit lulusan terbaik SMA yang masuk LPTK, di antaranya UNJ dan lain-lain," katanya. Lulusan terbaik SMA lebih banyak yang menyukai melanjut pendidikan di teknik ataupun perguruan tinggi yang bukan keguruan. Padahal, guru seharusnya lulusan terbaik dari sekolahannya karena mendidik anak-anak bangsa.
Sumber : Antara
Menurut pendapat saya guru sering bolos karena atauran dalam sekolah tersebut belum dipatuhi semua guru di dalamnya. Nyatanya mereka sering sering bolos disaat KBM berlangsung dan ketdaksiplinan kepala sekolah sehingga membuat guru seenaknya saja.sehingga peran guru tidak bermanfaat bagi siswa karna kelalaian mereka dalm mengajar dan membuat siswa ketinggalan materi dan itu berdampak negatif bagi siswa siswa oleh karna itu realitas mereka selalu berpegang pada perinsip mereka sebelumnya
Kalau saya sudah menjadi guru saya tidak mau mengecewakan orang banyak terutama untuk siswa saya nanti. Saya akan melakukan apa saja agar proses dalam pengajaran saya dapat berjalan dengan lancar dan saya mau siswa merasa bangga terhadap materi saya bawakan nanti dan itu bermanfaat bagi kelanjutan mereka.
Jadi kesimpulannya adalah peran guru dalam pendidikan sangat penting walaupun banyak tantangannya dan tidak mudah seperti yang kita banyangkan Demi menjadi guru profesonal saya tidak mau diperhitungan seberapa gaji saya yg diperoleh tapi saya mau apa yang saya terapkan dapat bermanfaat bagi siswa saya demi kelanjutan masa depannya. Karna kalau bukan kita yang membuat gererasi penerus terus siapa lagi? Buat yang terbaik yg membuat org lain bermanfaat.
Daftar pustaka
https:/id.m.wikipedia.org//wiki//diakses 21 september2016
bisnis.com http://kabar24.bisnis.com/read/20150513/255//432972/ini penyebab guru bolos mengajar#.
https://wol.jw.org wol lp-in
https://bookks.google.co.id books
https://id.m.wikipedia.org wiki gurua
No comments:
Post a Comment