Guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih dan penilai. Perkembangan teknologi mengubah peran guru dari pengajar yang bertugas menyampaikan materi pembelajaran menjadi fasilitator yang bertugas memberikan kemudahan belajar. Hal itu dimungkinkan karena perkembangan teknologi menimbulkan banyak buku dengan harga relatif murah dan peserta didik dapat belajar melalui internet dengan tanpa batasan waktu dan ruang, belajar melalui televisi, radio dan surat kabar yang setiap saat hadir di hadapan kita. Derasnya arus informasi, serta cepatnya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan telah memunculkan pertanyaan terhadap tugas guru sebagai pengajar. Masihkah guru diperlukan mengajar di depan kelas seorang diri, menginformasikan, menerangkan dan menjelaskan. Untuk itu guru harus senantiasa mengembangkan profesinya secara profesional, sehingga tugas dan peran guru sebagai pengajar masih tetap diperlukan sepanjang hayat. Di era gadget sekarang ini di harapkan guru dapat menyesuaikan diri dalam perannya sebagai guru yang tetap profesional di bidangnya.
Guru” BBM “(Berstrategi, Bermanfaat, Memotivasi)
1. Berstrategi
Strategi pembelajaran yang telah dibuat. Dalam pemilihan media pembelajaran teknologi yang akan digunakan, pengajar harus mempertimbangkan akankah media yang dipilih mempermudah pembelajaran yang telah disusun oleh pengajar atau justru yang terjadi akan sebaliknya. Dalam hal ini suru harus mengetahui prinsip-prinsip dalam memilih media pembelajaran teknologi antara lain.
a) Media yang akan digunakan oleh guru harus sesuai dan diarahkan untuk mencapai
tujuan pembelajaran.
b) Media yang akan digunakan harus sesuai dengan materi pembelajaran.
c) Media pembelajaran harus sesuai dengan minat, kebutuhan, dan kondisi siswa
d) Media yang akan digunakan harus memperhatikan efektivitas dan efisiensi.
e) Media yang digunakan harus sesuai dengan kemampuan guru dalam
mengoprasikannya
2. Bermanfaat
Disamping mampu menggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi dengan mengembangkan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan membuat media pengajaran yang akan digunakannya apabila media tersebut belum tersedia. Secara umum, manfaat media dalam proses pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Tetapi secara lebih khusus ada beberapa manfaat media teknologi yang lebih rinci :
a. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik.
b. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif.
c. Efisiensi dalam waktu dan tenaga.
d. Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa .
e. Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar.
3. Memotivasi
Media pembelajaran teknologi, dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya
Bukan layaknya seperti Blackbery Messanger, namun guru diharapkan memenuhi tugasnya di era teknologi yang semakin berkembang dengan Berstrategi melalui perencanaan media teknologi, Bemanfaat dengan mengembangkan, menginovasi dan menguasai teknologi untuk mencapai Motivasi belajar siswa demi tercapainya Tujuan Pendidikan Nasional “ adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indoensia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. “
Nama : Afaria Kristin
Universitas Kanjuruhan Malang
Kebanggaan : Mandiri
Motto: Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. (1 Timotius 4:12)
No comments:
Post a Comment