Wednesday, March 2, 2016

238 Sebelum Guru Memberi Label Kelas


Sebelum Guru Memberi Label Kelas

Pengantar
Sebelum menjelaskan pokok materi, guru wajib mengetahui, memahami situasi peserta didik dan kondisi kelas, maka guru perlu melakukan proses "membaca tipe belajar kelas."


Cara yang biasa dilakukan oleh guru adalah pengamatan. Guru masuk kelas lalu melakukan pengamatan terhadap peserta didik. Setelah itu, guru membuat kesimpulan bahwa kelasnya rame. Kelas isinya anak pinter. Kelas ini kelas buangan. Kelas ini..kelas unggulan.

Itu semua adalah pelabelan pada kelas berdasar pengamatan. Bagaimana jika pelabelan berdasarkan data lebih akurat. Guru dapat membuat pelabelan kelas berdasar data lebih akurat.

Agar Label Akurat
Ada cara sederhana dapat dilakukan untuk membuat pelabelan dalam bidang cara belajar peserta didik. Cara belajar ada yang audio, visual dan kinestetik.

Cara tersebut menggunakan daftar pertanyaan dan peserta didik menjawab secara jujur setiap pertanyatanyaan.

Peserta didik menyiapkan secarik ukuran secukupnya dan alat tulis. Lalu, peserta didik menjawab dengan cara memilih pilihan jawaban yang sesuai dengan kenyataan diri sendiri.

Setelah peserta didik menjawab semua pertanyaan, guru hanya perlu mengelompokkan pilihan jawaban.

Pilih satu jawaban yang sesuai dengan kondisi diri:
1. Ketika berbicara, anda :
a. berbicara dengan tempo cepat
b. berbicara dengan tempo sedang
c. berbicara dengan tempo lambat
2. Apa yang paling anda ingat ?
a. orang, lingkungan, wajah
b. perkataan, suara, makna
c. kejadian, peristiwa, emosi
3. Bagaimana cara anda menghapal ?
a. menulisnya berulang-ulang
b. mengulangi kata-kata sekeras mungkin
c. menghapalnya sambil berjalan-jalan
4. Apakah yang bisa membuat anda terganggu ?
a. benda-benda di sekitar anda
b. suara
c. gerakan
5. Ketika mengeja sebuah kata, yang anda lakukan adalah :
a. membayangkan kata itu
b. menyebutnya dengan keras
c. menuliskannya
6. Apa yang lebih anda sukai ?
a. lukisan
b. musik
c. menari/ olah raga
7. Ketika mendapat petunjuk cara passing, apa yang lebih anda sukai ?
a. diberi gambar untuk ditirukan
b. diberi tahu dengan kata-kata bagaimana cara melakukannya
c. diberi contoh untuk diperagakan secara langsung
8. Mana yang lebih sering anda katakan :
a. kelihatannya bagus
b. kedengarannya bagus
c. rasanya enak
9. Ketika membaca, apa yang anda lakukan ?
a. melihat bacaan sambil membaca dalam hati
b. membaca dengan bersuara
c. menggunakan jari untuk menunjuk bagian yang dibaca
10 Ketika ingat pasar, apa yang pertama kali muncul dalam pikiran anda ?
a. pemandangan tentang orang-orang yang berbelanja dan barang-barang yang diperjualbelikan
b. ramainya suara orang-orang di pasar
c. orang-orang yang hilir mudik dan lalu lalang di pasar
11. Ketika akan tidur, apa yang terpenting buat anda ?
a. kamar yang gelap/samar/terang
b. kamar yang tenang tidak berisik
c. tempat tidur yang nyaman
Sumber : Madden, Thomas L. 2002. F.I.R.E-U.P Your Learning.
Diambil di http://amamei66.blogspot.co.id/2009/06/tes-gaya-belajar.html  (01/03/2016)

KUNCI TES GAYA BELAJAR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN
Hitung berapa jumlah jawaban anda yang memilih a, b, atau c :
Jika jawaban anda lebih banyak A ANDA SEORANG PEMBELAJAR VISUAL
Jika jawaban anda lebih banyak B ANDA SEORANG PEMBELAJAR AUDITORI
Jika jawaban anda lebih banyak C ANDA SEORANG PEMBELAJAR KINESTESIS

Diambil di http://amamei66.blogspot.co.id/2009/06/tes-gaya-belajar.html  (01/03/2016)


IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN
JIKA ANDA SEORANG PEMBELAJAR VISUAL
Gunakan sketsa, grafik, diagram dari apa yang sedang anda pelajari
Ketika membaca teks, gunakan spidol warna untuk menandai informasi penting / baru
Pejamkan mata, buat bayangan, gunakan imaginasi dari subyek yang sedang anda pelajari
JIKA ANDA SEORANG PEMBELAJAR AUDITORI
Gunakan suara keras ketika membaca, buat suara anda bervariasI untuk memperkuat ingatan
Gunakan kaset untuk merekam ceramah guru atau suara anda sendiri ketika membaca, dan anda dapat memutar kembali ketika belajar
Belajarlah bersama teman / berdiskusi, ini merupakan cara yang baik untuk memanfaatkan kekuatan auditori anda
Pada akhir pembelajaran atau diskusi kelas / kelompok, catatlah kata-kata kunci tentang materi yang dipelajari. Ini akan merangsang diskusi internal tentang apa yang terjadi selama diskusi.
JIKA ANDA SEORANG PEMBELAJAR KINESTESIS
Peragakan apa yang sedang anda pelajari
Gunakan spidol warna untuk menandai informasi penting / baru
Tandai setiap akhir paragrap yang telah anda baca dan pahami
Jika mungkin, berjalan-jalanlah sewaktu membaca atau mendengarkan
Buatlah peta belajar dari materi yang sedang anda pelajari


Diambil di http://amamei66.blogspot.co.id/2009/06/tes-gaya-belajar.html  (01/03/2016)

Hasil diatas sangat bermanfaat bagi guru. Tiap kelas memiliki tipe berbeda, ada yang belajar tipe audio, ada yang visual dan ada tipe kinestetik.

Guru perlu menyesuaikan metode penyampaian pokok materi ke dalam kelas tersebut. Tetapi guru juga masih perlu melakukan pendekatan individual sesuai dengan tipe peserta didik bersangkutan.

*) Kukuh Widijatmoko, M. Pd
Dosen Universitas Kanjuruhan
Malang

No comments:

Post a Comment