oleh kelompok 4 kelas XII IPS 1
SMAK Santa Maria Malang
A. Pengantar
Al. 1 Kesenjangan atau Ketimpangan sosial makin mudah dijumpai dalam masyarakat. Ketimpangan sosial banyak terjadi di berbagai bidang kehidupan. Berbagai bidang misalnya ekonomi, sosial dan budaya. Hal ini dapat terjadi seiring berkembangnya jaman dan adanya pengaruh globalisasi maupun budaya westerinasi yang begitu kuat.
Al. 2 Ketimpangan atau kesenjangan sosial bisa dilihat dari beberapa jenis. Seperti ketimpangan budaya, hoby, pendidikan. Ketimpangan ketimpangan tersebut memunculkan beragai macam persoalan sosial. Hobi bagi beberapa individu tidak perlu. Tetapi bagi individu lain hobi, amatlah penting. Bahkan pengeluaran untuk menyalurkan hobi membutuhkan biaya lebih besar dari kebutuhan primer.
Al. 3 Kelompok kami me ngadakan
pengamatan tentang hobi khususnya shopping/belanja. Shopping bagi golongan
tertentu merupakan kebutuhan. Mengapa kebutuhan? Karena shopping bagi kelompok
tertentu adalah penyaluran hobi untuk mengkoleksi. Tetapi bagi kelompok lain
hobi hanya menambah pengeluaran bahkan sia-sia. Al. 1 Kesenjangan atau Ketimpangan sosial makin mudah dijumpai dalam masyarakat. Ketimpangan sosial banyak terjadi di berbagai bidang kehidupan. Berbagai bidang misalnya ekonomi, sosial dan budaya. Hal ini dapat terjadi seiring berkembangnya jaman dan adanya pengaruh globalisasi maupun budaya westerinasi yang begitu kuat.
Al. 2 Ketimpangan atau kesenjangan sosial bisa dilihat dari beberapa jenis. Seperti ketimpangan budaya, hoby, pendidikan. Ketimpangan ketimpangan tersebut memunculkan beragai macam persoalan sosial. Hobi bagi beberapa individu tidak perlu. Tetapi bagi individu lain hobi, amatlah penting. Bahkan pengeluaran untuk menyalurkan hobi membutuhkan biaya lebih besar dari kebutuhan primer.
Al. 4 Melalui kegiatan wawancara terkait ketimpangan lsosial dalam bidang shopping amat penting. Karena shopping ternyata tidak hanya miliki kelompok sosial tertentu saja. Shopping berlaku bagi semua kalangan. Maka menarik untuk diamati perilaku sosial terkait dengan shopping. Juga faktor makin tumbuh kembang tempat berbelanja. Dan, tidak pernah sepi pengunjung. Kelompok kami ingin menggali lebih dalam terkait ketimpangan atau kesenjangan sosial tersebut.
Al. 5 Akhirnya pengamatan terkait ketimpangan sosial dalam bidang shopping menarik perhatian. Dan penting untuk digali lebih tajam. Hal-hal apa saja yang menarik dan penting untuk dicermati akan dikupas dalam pembahasan tersendiri. Kupasannya mulai dari fator penyebab, dampak, usaha meminimalisir, pesan moral dan penutup.
No comments:
Post a Comment